Total Tayangan Halaman

Sabtu, 25 September 2010

Pilih Sinetron atau Sabda Tuhan

Sinetron atau Sabda Tuhan
    
     Memperkenalkan KS kepada anak itu lebih-lebih urusan orang dewasa, bukan semata-mata urusan anak. Bagaimana orangtua membiasakan diri berdoa, membaca KS di dalam keluarga? Bagaimana orangtua melibatkan diri dalam kegiatan pendalaman KS di Lingkungan atau Stasi?
     Tema bulan Kitab Suci sekarang ini adalah Memperkenalkan Kitab Suci Kepada Anak Sejak Dini. Hal ini menarik perhatianku karena tidak mudah memperkenalkan KS kepada anak. Bukan hanya kepada anak, orangtua yang seharusnya mengenal lebih dahulu dan tertarik kepada KS, tetapi lebih tertarik kepada hal lain. Misalnya saja orangtua terang-terang lebih tertarik menonton sinetron daripada ikut pendalaman KS. Orangtua lebih tertarik menonton kelanjutan cerita sinetron ”Putri yang Tertukar” hari kemarin daripada meninggalkannya dan menemukan sabda Tuhan dalam pemdalaman KS. Masih disambung lagi kelanjutan cerita ”Kamila”. Pokoknya semua acara di tv itu lebih menarik daripada mengikuti pendalaman KS.
      Ekstrimnya altarnya keluarga adalah tv yang menyajikan segala macam hiburan. Sehingga anak pun ikut larut di dalamnya. Bahkan isi cerita banyak yang tidak memberikan bimbingan malahan banyak perkara-perkara yang dibenci Tuhan. Ams 6:16  Enam perkara ini yang dibenci TUHAN, bahkan, tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya:    Ams 6:17  mata sombong, lidah dusta, tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah,    Ams 6:18  hati yang membuat rencana-rencana yang jahat, kaki yang segera lari menuju kejahatan,    Ams 6:19  seorang saksi dusta yang menyembur-nyemburkan kebohongan dan yang menimbulkan pertengkaran saudara.    Ams 6:20  Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.
      Bacaan kedua Minggu ini lebih jelas lagi memutuskan 1Tim 6:10  Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. Tuntaslah sudah derita kita yang menginginkan kita mengenal sabda Tuhan melalui KS. Teguran Tuhan dalam   1Tim 6:11  Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. 
     Hai manusia yang masih mengasihi Allah berpikirlah sejenak demi anak-anakmu! Jauhilah semua itu!  Ajalkan anak-anakmu dan hatimu untuk mengenal Tuhan melalui KS. Kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan  dalam kehidupan sehari-hari di dalam keluarga dan masyarakat. Luk 6:31  Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.  (Pratom0)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar